Senin, 22 Juli 2019

Pengertian JORC (Joint Ore Reserves Committee)

JORC (Joint Ore Reserves Committee) adalah kode yang dibuat oleh Australia sebagai pedoman mengenai laporan hasil eksplorasi, menetapkan standar minimum sumber daya mineral dan cadangan, rekomendasi dan pedoman pelaporan publik di Australia hasil eksplorasi, sumber daya mineral dan cadangan bijih, kode ini berlaku untuk semua mineral padat, termasuk berlian, batu permata lainnya, mineral industri dan batubara.

Hasil eksplorasi meliputi data dan informasi yang dihasilkan oleh program eksplorasi mineral yang mungkin berguna bagi investor tetapi tidak bagian dari deklarasi sumber daya mineral atau cadangan bijih. Contoh hasil eksplorasi meliputi hasil singkapan sampling, tes dari lubang bor persimpangan, hasil geokimia dan hasil survei geofisika.

Laporan umum hasil eksplorasi harus berisi informasi yang cukup untuk didapat nilai yang signifikan. Laporan harus mencakup informasi yang relevan seperti konteks eksplorasi, jenis dan metode sampling, interval sampel yang relevan, dll.

Dokumentasi merinci hasil eksplorasi, sumber daya mineral dan cadangan bijih, termasuk pada laporan publik dilakukan oleh pengusaha yang berkompeten. Sedangkan jika dokumentasi target eksplorasi termasuk dalam laporan umum, maka dilakukan oleh seorang yang berkompeten.

Kata kunci dalam definisi pengusaha yang berkompeten adalah kata ‘Relevan’. Misalnya, untuk memenuhi syarat sebagai pengusaha yang berkompeten dalam estimasi cadangan bijih untuk deposito emas aluvial, cukup (setidaknya lima tahun) pengalaman dalam evaluasi dan ekstraksi ekonomi dari jenis mineralisasi yang diperlukan.

Laporan publik adalah laporan yang disiapkan untuk tujuan menginformasikan investor atau calon investor dan penasihat mereka pada hasil eksplorasi, sumber daya mineral atau cadangan bijih. mereka termasuk, namun tidak terbatas pada tahunan dan triwulanan laporan perusahaan, press release, memorandum informasi, makalah teknis, posting situs web dan presentasi publik.

Prinsip-prinsip yang mengatur operasi dan aplikasi kode JORC adalah transparansi, materialitas dan kompetensi:
  • Transparansi mensyaratkan bahwa pembaca laporan publik disediakan dengan informasi yang memadai, presentasi yang jelas dan tidak ambigu, untuk memahami laporan dan tidak disesatkan oleh informasi ini atau kelalaian informasi material yang tahu dengan orang yang kompeten.
  • Materialitas mensyaratkan bahwa laporan publik berisi semua informasi yang relevan bahwa investor dan penasihat profesional mereka membuat keputusan beralasan dan seimbang mengenai hasil eksplorasi, sumber daya mineral atau cadangan bijih yang dilaporkan. di mana informasi yang relevan tidak diberikan dan penjelasan harus diberikan untuk membenarkan pengecualian nya.
  • Kompetensi mensyaratkan bahwa laporan publik didasarkan pada pekerjaan yang menjadi tanggung jawab orang kualifikasi yang sesuai dan berpengalaman yang tunduk pada kode etik profesi dilaksanakan (orang yang kompeten).

Sebuah studi kelayakan awal (pra-studi kelayakan) adalah studi komprehensif dari berbagai pilihan untuk kelayakan teknis dan ekonomi dari proyek mineral yang telah maju ke tahap di mana metode penambangan yang disukai, dalam kasus penambangan bawah tanah , atau konfigurasi pit, dalam kasus tambang terbuka, didirikan dan metode yang efektif pengolahan mineral ditentukan.

Sebuah  studi kelayakan adalah studi teknis dan ekonomi yang komprehensif dari opsi pengembangan yang dipilih untuk proyek mineral yang meliputi penilaian tepat rinci faktor modifikasi yang berlaku bersama dengan faktor operasional lain yang relevan dan analisis keuangan rinci yang diperlukan untuk menunjukkan pada waktu pelaporan ekstraksi yang cukup dibenarkan (ekonomis ditambang).

Pelaporan sumber  daya batubara dan cadangan

Istilah ‘sumber daya mineral dan cadangan bijih’, dan subdivisi ini, berlaku juga untuk pelaporan batubara, tetapi jika disukai oleh perusahaan pelapor, ‘sumber daya batubara dan ‘ istilah cadangan batubara’ dan sesuai subdivisi bisa diganti.

‘Cadangan batubara berharga’, mewakili produk batubara dinyatakan ditingkatkan di mana modifikasi akibat pertambangan, pengenceran dan pengolahan telah dipertimbangkan, harus dilaporkan secara terbuka dalam hubungannya dengan laporan cadangan batubara. Dasar hasil diperkirakan mencapai cadangan batubara berharga harus dinyatakann, karena investor perlu diinformasikan pada produk yang ditujukan untuk dijual, pelaporan cadangan batubara berharga diperlukan.

Pelaporan hasil eksplorasi berlian, sumber daya mineral dan cadangan bijih.

Untuk tujuan pelaporan publik, persyaratan untuk berlian dan batu permata lainnya umumnya sama dengan yang untuk komoditas lain dengan penggantian istilah seperti ‘mineral’ dengan ‘berlian’ dan’kelas’ dengan ‘kelas dan rata-rata nilai berlian’.

Laporan berlian pulih dari program pengambilan sampel harus memberikan informasi material yang berkaitan dengan dasar di mana sampel diambil, metode pemulihan dan pemulihan berlian. Untuk menentukan sumber daya tereka mineral di sederhana,  atau deposito fase tunggal, informasi tersebut mungkin dapat diperoleh dengan perwakilan pengeboran diameter besar. Lebih sering, beberapa bentuk bulk sampling, seperti pitting dan penggalian, akan digunakan untuk menyediakan paket sampel yang lebih besar.

Pelaporan Setara Logam

Pelaporan hasil eksplorasi, sumber daya mineral atau cadangan bijih untuk deposito polimetalic dalam hal setara logam (kelas tunggal setara dengan satu logam utama) harus menunjukkan detail dari semua faktor materi berkontribusi terhadap nilai bersih dari masing-masing constituen. Informasi minimum sebagai berikut harus menemani setiap laporan publik yang mencakup referensi setara logam, materialitas dan kompetensi.

Nilai invidual untuk semua logam termasuk dalam perhitungan equievalent logamperkiraan pemulihan metalurgi untuk setiap metalmust digunakan untuk menghitung setara logam meaningfull, pelaporan secara yhe ekuivalen logam tidak uppropriate jika metalurgi pemulihan infomasi tidak dapat diperkirakan degan kepercayaan yang masuk akal,untuk banyak proyek pada tahap hasil eksplorasi, informasi pemulihan metalurgi mungkin tidak tersedia atau dapat diperkirakan yang dapat dipercaya, ini wajar kasus seperti pelaporan setara logam dapat menyesatkan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar